Sabtu, 08 Oktober 2016

Cerita dari si Misoa!

Selamat sore semua!
Apa kabar kalian? Semoga hari-hari kalian menyenangkan ya!
Apakah hari ini ada yang sedang berulang tahun? Kalau iya, jangan lupa makan misoa ya!

Misoa? Misoa tuh apa sih? Makanan? Kenapa harus makan misoa kalo lagi ultah?

Nah kalau ada yang belum tahu apa itu misoa dan kenapa makan misoa disaat ultah, yuk baca disini!

misoa mentah (sumber gambar:www.kumpulanresepmasakanindonesia.com)
pembuatan misoa di Taiwan (sumber gambar: nationalgeographic.co.id)

Misoa adalah mi halus dan tipis, berwarna putih. Misoa selalu dijual dalam bentuk kering serta biasanya dikemas dalam dus supaya tidak mudah hancur. Berbeda dengan sohun yang terbuat dari tepung kacang hijau dan bihun yang terbuat dari tepung beras, misoa ini terbuat dari tepung terigu. Secara tradisional, misoa dibuat secara manual dengan memilin dan menarik adonan hingga menjadi berhelai-helai mi yang berukuran panjang.

Lalu, kenapa makan misoa disaat sedang berulang tahun?

Sebenarnya tidak wajib makan misoa saat sedang bertambah umur. Misoa awalnya merupakan sajian khas keluarga Tionghoa keturunan suku Fu Qing, yang melambangkan umur panjang. Nah, oleh sebab itu, sejak dahulu misoa selalu dimasak sebagai hidangan istimewa pada hari ulang tahun. Dalam kebudayaan Cina juga, misoa yang dimasak tidak boleh dipotong. Saat memakannya pun, harus diusahakan agar tidak terputus dari ujung ke ujung.

sup tofu misoa (sumber gambar: 10wonder-icons.blogspot.com)

Orang Indonesia yang memiliki darah Tionghoa biasanya memakan misoa di hari ulang tahun bersama telur ayam rebus yang diberi pewarna merah. Lain lagi dengan di Taiwan. Di sana, misoa kuah umumnya dihidangkan dengan kaki babi, dan sebagai hidangan istimewa untuk membuang nasib sial. Selain dengan kaki babi, misoa di Taiwan juga dihidangkan dengan usus babi dan dengan tiram. 

Cara mengolah misoa ini cukup mudah. Sebelum digunakan untuk berbagai masakan, misoa harus direndam sebentar di dalam air panas. Nah, dibawah ini ada beberapa video penjelasan bagaimana mengolah misoa menjadi sajian yang sangat lezat. Disimak ya!
Sampai juga!


















1 komentar:

Miliana mengatakan...

suka banget makan misoa

turki

Posting Komentar

 
;