Minggu, 01 Mei 2016

Recipe #1 - Permen Beras Kencur

Halo!
Resep pertama yang akan saya bagikan adalah resep permen beras kencur. Sebenarnya resep ini sudah lama banget, dibuat saat mengerjakan tugas akhir mata kuliah Pengenalan Teknologi Pangan (sekita tahun 2013). Bersama dengan kelompok saya, yakni Idelia Sanjaya, Giovani Tanjaya, Felicia Agnes Octavia, dan Adyastuti Fitria, kami diberikan tugas untuk mengolah pangan lokal menjadi suatu produk yang dapat diterima di kancah internasional. Akhirnya terbesitlah ide untuk membuat permen beras kencur. Setelah lebih dari sepuluh kali percobaan, akhirnya didapatkan resep yang benar-benar pas, dari segi rasanya, teksturnya, warnanya, dan permen ini diberi nama "PEBEKA".


Pembuatan permen beras kencur ini dilakukan dengan empat tahap, yakni tahap persiapan, pemasakan, pencetakan, dan pengemasan. Pada tahap persiapan, disiapkan alat bahan yang digunakan untuk pembuatan PEBEKA. Alatnya ada panci, sendok, cetakan permen atau coklat, stik permen, dan sebagai pengemasnya ada plastik kecil dan pita. Bahannya ada beras kencur (dalam bentuk bubuk), high fructose corn syrup (sirup jagung), air matang, dan gula pasir.
 

Setelah lengkap semua alat dan bahannya, mulai memasak deh. Pertama, air, gula pasir dan sirup jagung dimasukkan dalam panci, kemudian dimasak hingga mendidih.



Setelah mendidih, ekstrak beras kencur dimasukkan dan diaduk kembali sampai rata.
 

Setelah matang, dinginkan adonan permen tetapi jangan sampai mengeras. Adonan kemudian dituang ke dalam cetakan permen. Hati-hati ya karena adonan ini sangat panas. Jangan lupa untuk memasang stik permen terlebih dahulu sebelum adonan permen dituang. Anda juga bisa menyemprotkan spray anti lengket pada cetakan supaya permen mudah dilepas ketika sudah mengeras
 
Setelah dicetak, tunggu permen hingga dingin, kemudian masukkan ke dalam freezer. Setelah dingin dan mengeras, permen bisa dilepas dari cetakannya dengan hati-hati agar tidak patah.

 
 
Tahap terakhir adalah pengemasan. Permen bisa dikemas dalam plastik kecil kemudian diikat kencang dengan pita. Penyimpanan PEBEKA ini tergolong mudah, karena permen ini tidak akan mencair walau pada suhu ruangan.

 
 
Permen beras kencurnya sudah jadi deh. Selamat mencoba!

5 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
yuliana mengatakan...

takaran sirup jagungnya berapa kak?

Miliana mengatakan...

wah bakal dicoba resepnya nanti

stamp alfamart

Unknown mengatakan...

Takaran nya berapa mba

Cangkir Rindu mengatakan...

hallo kak, untuk takarannya berapa ya?

Posting Komentar

 
;