Senin, 27 Juni 2016

Others Info #3 - Etika Profesi

Apa itu etika? Apa arti etika profesi? Apa perbedan etika dengan norma dan peraturan?

Etika, istilah dari bahasa Yunani "ethos" yang artinya kebiasaan. Etika merupakan ukuran apakah tindakan yang dilakukan pantas atau tidak. Tidak ada hukumnya dalam etika, namun ada sanksi moral.
 
Profesi merupakan satu penanda bahwa organisasinya adalah sebuah organisasi profesi. Perbedaan pekerjaan dengan profesi salah satunya adalah profesi mempengaruhi keselamatan orang banyak.
 
Etika profesi memberi aturan bagaimana mereka menggunakan pengetahuannya dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Etika profesi menurut Keiser dalam Lubis (1994) adalah sikap hidup berupa keadilan untuk memberikan pelayanan yang profesional terhadap masyarakat dengan penuh keahlian dalam rangka melaksanakan kewajibannya.
 
Norma adalah aturan tidak tertulis yang hidup di masyarakat. Norma-norma yang berlaku di masyarakat adalah norma agama, norma moral atau kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum. Pelanggaran norma umumnya dikucilkan dari lingkungan.
Contoh pelanggaran:
1. Norma agama: membunuh, berjudi, mencuri
2. Norma susila: tidak jujur, tidak adil
3. Norma kesopanan: Meludah di jalanan, masuk rumah orang lain dengan tidak permisi, makan sambil berbicara
4. Norma hukum: tidak mematuhi peraturan lalu lintas
 
Peraturan dibuat dalam bentuk tertulis, dan apabila dilanggar akan jelas hukumannnya. Peraturan yang sifatnya formal seperti UUD atau konstitusi, UU, Perpu, Surat Keputusan, dan lain-lain.
 

2 komentar:

Posting Komentar

 
;