Kamis, 05 Mei 2016

Research Report #1 - Perbandingan Nutrition Fact pada Minuman Teh Kemasan Botol Siap Minum Less Sugar


Perbandingan Nutrition Fact pada Minuman Teh Kemasan Botol Siap Minum (NÜ Green Tea Less Sugar vs Joy Tea Green Tea Less Sugar)

Laporan Riset Centre for Beverages
 
                     
 

Disusun oleh:
Nama Lengkap                   : Dina Laurensia
     NIM                                    : 203133052289050
 
 
 
 


NUTRITION AND FOOD TECHNOLOGY

FACULTY OF LIFE SCIENCE

SURYA UNIVERSITY

2014
 
 
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG

Teh hijau merupakan minuman yang banyak dikonsumsi masyarakat karena memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai antibakteri. Seiring berkembangnya zaman, masyarakatpun kini lebih mementingkan kesehatannya dengan lebih memilih untuk membeli sebuah produk minuman khususnya teh dengan tulisan "Less Sugar" atau ”Sugar Free” yang terpampang di packaging. Seperti kita ketahui bahwa konsumsi gula yang berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius. Dengan mengembangkan produk berlabel less sugar, produsen minuman memenuhi harapan masyarakat yang ingin mengurangi konsumsi gula. Tak ketinggalan, kini PT ABC President Indonesia mengeluarkan produk NÜ Green Tea Less Sugar dan PT Sinar Sosro mengeluarkan produk Joy Tea Green Tea Less Sugar. Namun, walaupun konsumen sudah sadar akan kesehatannya, sebuah survey mengatakan masih sedikit masyarakat yang ingin membaca label informasi nilai gizi atau nutrition fact. Penelitian dari The Ministry of Agriculture, Fisheries and Food (MAFF) tahun 2000, hanya 43% responden membaca label informasi gizi (Consumers Attitudes, 2000 dalam Zahara, 2009). Padahal, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 mengatakan konsumen punya kewajiban untuk membaca informasi label (UU RI, 1999). Label informasi nilai gizi pada kemasan khususnya kemasan minuman sebenarnya sangat bermanfaat untuk kesehatan konsumen. Dengan membaca label nutrition fact, konsumen bisa memilih dan membandingkan mana minuman yang dibutuhkan untuk kesehatannya, terutama yang sedang menjalani program diet dan yang mempunyai penyaki-penyakit tertentu seperti diabetes, jantung, kolesterol.

Untuk itu, perlu diadakan penelitian tentang perbandingan nutrition fact pada minuman teh bermerek “Joy Tea Green Tea Less Sugar” dengan “NÜ Green Tea Less Sugar”

1.2 TUJUAN PENELITIAN

1.      Mengetahui kandungan gizi dari minuman teh kemasan botol bermerek “Joy Tea Green Tea Less Sugar” dengan “NÜ Green Tea Less Sugar”

2.      Membandingkan informasi nilai gizi pada minuman teh kemasan botol bermerek “Joy Tea Green Tea Less Sugar” dengan “NÜ Green Tea Less Sugar”

 

BAB II
LANDASAN TEORI

 

1.       Tentang NÜ Green Tea Less Sugar

NÜ Green Tea Less Sugar adalah minuman yang diproduksi oleh PT. ABC President Indonesia, bertempat di Karawang, Jawa Barat. NÜ Green Tea adalah  minuman teh hijau paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini tercermin dari hasil pengamatan di lapangan baik itu di warung, toko makanan dan minuman, toserba dll, NÜ Green Tea selalu distok dalam jumlah besar dibanding dengan minuman lain yang sejenis. PT. ABC President Indonesia mengusung motto minuman teh hijau yang kaya akan polifenol sebagai antioksidan, NÜ Green Tea Less Sugar menjadi salah satu alternatif minuman teh hijau bagi masyarakat Indonesia. Minuman teh hijau NÜ Green Tea Less Sugar, memiliki komposisi diantaranya air, gula, ekstrak teh hijau, vitamin C, perisa melati. Minuman NÜ Green Tea Less Sugar hadir kemasan botol dengan berat bersih 500 ml dan 330 ml. Minuman NÜ Green Tea Less Sugar menggunakan PET ASEPTIC, teknologi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menjamin produk tetap segar, steril, aman dan bebas dari bahan pengawet. (web resmi PT. ABC President Indonesia)

 

2.       Tentang Joy Tea Green Tea Less Sugar

Sosro Joy Green Tea adalah produk minuman the hijau dari PT. SINAR SOSRO yang diluncurkan pada tanggal 26 Oktober 2007. Salah satu bahan dasar produk ini adalah teh hijau, dimana teh hijau juga mengandung antioksidan yang berguna untuk kesehatan. Joy Green Tea adalah minuman teh hijau dengan manfaat teh hijau & komposisi natural lainnya yang menyehatkan, enak dan dapat membantu membangkitkan/mengingatkan moment menikmati hidup. Saat ini Sosro Joy Green Tea Less Sugar hadir dalam 2 ukuran kemasan yaitu 300mL dan 500mL. (Berkah Abadi, 2014).

 
BAB III
METODOLOGI

Penelitian ini dilakukan pada tanggal 22 Mei 2014 dengan sampel sebanyak 2 buah, yaitu 1 buah NÜ Green Tea Less Sugar dan 1 buah Joy Tea Green Tea Less Sugar, bertempat di Indomaret Kelapa Lilin, Jl. Kelapa Lilin blok DC 12 no. 9 Curug Sangereng, Kelapa Dua – Kab. Tangerang 15810.
 

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
 
4.1 PERBANDINGAN NUTRITION FACT NÜ GREEN TEA DENGAN NÜ GREEN TEA LESS SUGAR


Pada tabel 4.1 dapat dilihat perbadingan antara NÜ Green Tea dengan NÜ Green Tea Less Sugar. NÜ Green Tea memiliki kandungan energi total 80 kkal, lebih banyak dibanding NÜ Green Tea Less Sugar. NÜ Green Tea dengan NÜ Green Tea Less Sugar tidak mempunyai kandungan lemak total dan protein. Pada NÜ Green Tea karbohidrat totalnya lebih banyak 7 g dibanding NÜ Green Tea Less Sugar, begitu juga dengan kandungan gulanya. Kandungan gula pada NÜ Green Tea 7 g lebih banyak dibanding NÜ Green Tea Less Sugar. Sebuah produk minuman yang bila tertulis 'less sugar' atau 'reduced sugar' berarti kandungan gula dari minuman tersebut telah dikurangi 25% dibanding yang reguler. Meskipun begitu, kandungan natrium pada NÜ Green Tea lebih sedikit dibanding NÜ Green Tea Less Sugar. Kandungan Vitamin C pada NÜ Green Tea juga lebih sedikit 10% dibanding NÜ Green Tea Less Sugar.


4.2  PERBANDINGAN NUTRITION FACT JOY TEA GREEN TEA DENGAN JOY TEA GREEN TEA.



Pada tabel 4.2 dapat dilihat perbadingan antara Joy Tea Green Tea dengan Joy Tea Green Tea. Joy Tea Green Tea memiliki kandungan energi total 70 kkal, lebih banyak dibanding Joy Tea Green Tea Less Sugar yang memiliki kandungan energi total hanya 50 kkal. Joy Tea Green Tea dengan Joy Tea Green Tea Less Sugar tidak mempunyai kandungan lemak total dan protein. Pada Joy Tea Green Tea karbohidrat totalnya lebih banyak 6 g dibanding Joy Tea Green Tea Less Sugar, begitu juga dengan kandungan gulanya. Tidak seperti minuman teh bermerek NÜ Green Tea yang kandungan natriumnya lebih sedikit dibanding yang berlabel less sugar, kandungan natrium pada Joy Tea Green Tea lebih banyak dibanding Joy Tea Green Tea Less Sugar. Kandungan natrium Joy Tea Green Tea sebesar 28 mg, sementara pada Joy Tea Green Tea kandungan natriumnya sebesar 20 mg.



4.3  PERBANDINGAN NUTRITION FACT NÜ GREEN TEA LESS SUGAR  DENGAN JOY TEA GREEN TEA LESS SUGAR
 

Dari tabel 4.3 dapat dilihat perbandingan nilai gizi antara NÜ Green Tea Less Sugar dengan Joy Tea Green Tea Less Sugar. Karena peneliti mengampel sampel dengan ukuran yang sama, maka kedua merek minuman ini memiliki takaran saji dalam jumlah yang sama, yaitu 250 mL. Persamaan lainnya juga terletak pada kandugan energi total (50 kkal), lemak total (0 g), dan protein (0 g). Pada bagian karbohidrat total, NÜ Green Tea Less Sugar memiliki 1 g lebih banyak dibandingkan Joy Tea Green Tea Less Sugar, begitu juga dengan kadar gulanya. Kada natrium NÜ Green Tea Less Sugar sebesar 35 mg, 15 mg lebih banyak dibanding Joy Tea Green Tea Less Sugar. Yang paling membedakan dari kedua merek minuman ini adalah, NÜ Green Tea Less Sugar memiliki kandungan Vitamin C sebanyak 121 mg, sedangkan di dalam Joy Tea Green Tea Less Sugar tidak terdapat kandungan Vitamin C sama sekali.

       4.4  PERBANDINGAN NUTRITION FACT NÜ GREEN TEA LESS SUGAR  DAN JOY TEA
             GREEN TEA LESS SUGAR DENGAN %AKG (UMUM) 2007

% AKG didasarkan pada diet harian 2.000 kkal. Kebutuhan kalori perseorangan dapat lebih atau kurang dari 2.000 kkal, tergantung pada umur, jenis kelamin,  tingkat kegiatan fisik, dll. Karena itu, %AKG adalah panduan umum yang sangat berguna untuk menyusun pola konsumsi yang bijak dan berimbang. Berikut adalah tabel perbandingan nilai gizi antara NÜ Green Tea Less Sugar dan Joy Tea Green Tea Less Sugar dengan Angka Kecukupan Gizi.
Dari tabel 4.4 dapat dilihat perbandingan nilai gizi antara NÜ Green Tea Less Sugar dan Joy Tea Green Tea Less Sugar dengan Angka Kecukupan Gizi. Kandungan energi total kedua minuman ini sebesar 50 kkal, masih dibawah nilai %AKG yang dianjurkan, yaitu 2000 kkal. Kedua minuman ini tidak memiliki kandungan lemak total dan protein atau mungkin kadarnya yang sangat kecil sehingga dianggap tidak ada (0 g). NÜ Green Tea Less Sugar memiliki kandungan karbohidrat total termasuk didalamnya gula sebanyak 13 g dan Joy Tea Green Tea Less Sugar memiliki kandungan karbohidrat total sebanyak 12 g, masih dibawah nilai %AKG yang dianjurkan yaitu, 300 g. Kandungan natrium pada NÜ Green Tea Less Sugar sebanyak 35 mg dan pada Joy Tea Green Tea Less Sugar sebanyak 20 mg, masih dibawah nilai %AKG yang dianjurkan yaitu di bawah 2300 mg. Kandungan Vitamin C pada NÜ Green Tea Less Sugar lebih banyak dari yang dianjurkan oleh AKG. Kandungan Vitamin C pada NÜ Green Tea Less Sugar sebesar 121 mg, sementara %AKG menganjurkan sebesar 90 mg.

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

Diambil dua sampel minuman teh siap minum berlabel Less Sugar, yaitu NÜ Green Tea Less Sugar dan Joy Tea Green Tea Less Sugar. Dari hasil penilitian, yang dapat disimpulkan adalah kandungan karbohidrat, gula, dan natrium pada NÜ Green Tea Less Sugar lebih banyak dibanding Joy Tea Green Tea Less Sugar. Yang paling membedakan dari kedua merek minuman ini adalah, NÜ Green Tea Less Sugar memiliki kandungan Vitamin C sebanyak 121 mg, sedangkan di dalam Joy Tea Green Tea Less Sugar tidak terdapat sama sekali. Kandungan gizi pada kedua minuman ini masih dibawah nilai %AKG yang dianjurkan, namun kandungan Vitamin C pada NÜ Green Tea Less Sugar lebih banyak dari yang dianjurkan oleh AKG. Kandungan Vitamin C pada NÜ Green Tea Less Sugar sebesar 121 mg, sementara %AKG menganjurkan sebesar 90 mg.

 

REFERENSI

 

Al Jannah, Wardah. 2010.  FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MEMBACA LABEL INFORMASI NILAI GIZI PRODUK PANGAN KEMASAN PADA MAHASISWA KESEHATAN MASYARAKAT UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA TAHUN 2010. Dilihat secara online Pada 29 Juni 2014. Http://Perpus.Fkik.Uinjkt.Ac.Id/File_Digital/Wardah%20al%20jannah.Pdf Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.
Badan POM RI. 2009. Informasi Nilai Gizi Produk Pangan: Manfaat dan Cara Pencantuman. Dilihat secara online 29 Juni 2014. http://perpustakaan.pom.go.id/KoleksiLainnya/Buletin%20Info%20POM/0509.pdf. Volume 10 no. 15 September 2009. ISSN: 1829-9334.
Berkah Abadi. 2014. Joy Green Tea. Dilihat secara online apda 30 Juni 2014. http://pt-berkahabadi.com/joy-green-tea/. PT. Berkah Abadi Internasional.
BIHW. Tahun terbit tidak diketahui. Memahami Label Nutrisi.  Dilihat secara online pada 30 Juni 2014. http://beverageinstitute.org/indonesia/article/active-healthy-living-understanding-nutrition-labels/. The Beverage Institute for Health & Wellness.
Erika, Monika. Tahun terbit tidak diketahui. Jangan Terkecoh ‘Sugar Free’. Dilihat secara online pada 30 Juni 2014. http://www.pesona.co.id/sehat/diet.nutrisi/jangan.terkecoh.sugar.free/002/001/52
Fajar, Deni. 2009. Informasi Nilai Gizi pada Kemasan. Dilihat secara online pada 30 Juni 2014.  http://serambisehat.com/content/informasi-nilai-gizi-pada-kemasan.
Michael. 2012. Efek Antibakteri Ekstrak Etanol Daun Teh Hijau (Camellia sinensis) yang Diperoleh dengan Metode Soxhletasi terhadap Bakteri Staphylococcus Aureus dan Escherichia coli secara In Vitro. Dilihat secara online pada 29 Juni 2014. http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/37929 Fakultas Kodekteran. Universitas Sumatera Utara: Medan.
PT. ABC President Indonesia. Tahun terbit tidak diketahui. NÜ Green Tea. Dilihat secara online pada 30 Juni 2014. http://www.abcpresident.com/products.php?id=1.
Sari, Dinar Novita. 2009. Proses Produksi Teh Hijau Pada PT Rumpun Sari Kemuning 1 Ngargoyoso Karanganyar. Dilihat secara online pada 29 Juni 2014. Http://Eprints.Uns.Ac.Id/4395/1/101190909200910411.Pdf. Program Studi Diploma III Fakultas Ekonomi. Universitas Sebelas Maret: Surakarta.
Stanley, Jannar Robin. 2013. “Less Sugar” Marketing Strategy. Dilihat secara online pada 30 Juni 2014. http://www.beanpedia.net/2013/11/less-sugar-marketing-strategy.html.
Tuminah, S. 2004. Teh [Camellia sinensis O.K. var. Assamica (Mast)] sebagai Salah Satu Sumber Antioksidan. Dalam : Cermin Dunia Kedokteran. Dilihat secara online 29 Juni 2014. http://www.kalbe.co.id/files/cdk/files/144_16AntioxidantTea.pdf/144_16AntioxidantTea.html.
 
Ulilalbab, Arya. 2012. Nutrition Fact. Dilihat secara online pada 30 Juni 2014. http://aryaulilalbab-fkm12.web.unair.ac.id/artikel_detail-60429-Gizi-Nutrition%20Fact.html Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Airlangga.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Dilihat secara online apda 29 Juni 2014. http://www.esdm.go.id/regulasi/uu/doc_download/268-undang-undang-no8-tahun-1999.html.
Zahara, Siti. 2009. Hubungan Karakteristik Individu, Pengetahuan, dan Faktor Lain dengan Kepatuhan Membaca Label Informasi Nilai Gizi, Komposisi, dan Kedaluwarsa pada Mahasiswa FKM UI Depok Tahun 2009. Dilihat secara online pada 29 Juni 2014. Program Strata I Program Studi Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia: Depok

 

 

2 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Miliana mengatakan...

info yang sangat bagus sekali

alamat kantor pusat alfamart

Posting Komentar

 
;